Jumat, 16 Desember 2011

HURUF S


Sadang Jenis tumbuhan rendah, Livistona Rotundivolia, daun bersusun melingakar.
Saga Jenis tumbuhan pohon, abrus precatorius; ada juga yang menyubut: adenathera pavonina, (leguminosae), berdaun kecil bersusun berpasangan padai tangkai panjang berbunga kecil, bersusun pada satu rangkai seperti sifat botol.
Sago Sagu
Sagu tepung yang diolah dari pohon sagu, metroxylon sagu; empulur batang yang lunak dipotong-potong, diperas dalam air lalu didiamkan semalam. Air supernatant dibuang, endapan dijemur, hingga menjadi tepung sagu.
Sakura Jenis tumbuhan perdu, bunganya ramai; species: chrysanthemummorifolium dan C.indicum. Jepang, Cina, dan Korea.
Salacca salak, termasuk keluarga palm, salacca edulis.
Salak tergolong tumbuhan palm, tapi batangnya pendek sekali, tidsk kentara. Rumpun seperti rotan, yang juga memiliki pelepah berduri. Pelepahnya berduri panjang dank eras. Buahnya dalm tandan seperti buah kelapa sawit, tpi berduri, jika matang rasa manis. Vareitas yang terkenal dan dijual di pasar: salak biji, daging tebal, manis, cepat membusuk. Sedangkan salak pohon daging tipis, manis, tahan lama berminggu-minggu, tidak cepat membusuk, salacca edulis.
Salam jenis tumbuhan pohon, eugenia polyantha (myrtaceae), daun sebagai bumbu dapur.
Salvia kembang serdadu, jenis tumbuhan perdu; species: S. splendens, bunga kecil-kecil bentuk tabung 2 tingkatdan berwarna merah, terletakdipucuk dahan. Sebagai tanaman hias.
Samanea ki hujan, termbesi, jenis tumbuhan pohon; species: S. saman, batang bercabang sejak pangkal, daun kecil-kecil. Buah seperti buah asam jawa. Sebagai tumbuhan paneduh.
Sambucus sambukus; jenis tumbuhan perdu; species: S. Canadensis dan S. javanicus, daun rangkai 3, bunga di pucuk dahan, berupa rangkaian yang bercabang banyak dan ramai, kecil-kecil dan berwarna putih. Sebagai tanaman hias.
Sampang jenis tumbuhan pohon, evodia armatica (rutaceae), kayunya digunakan sebagai bahan bangunan.
Saninten sarangan, jenis tumbuhan pohon; castanopsis argentea atau quercus argentea, pohon yang kayunya digunakan sebagai bahan bangunan.
Sansevieria lidah buaya, jenis tumbuhan semak basah; species: S. trifasciata, batangnya pendek, daun berlapis keliling batang, berdaging, berwarna hijau belang garis putih. Bunga dalam rangkaian, tiap bunga kecil-kecil dan berwarna putih. Ada jenis yang dari daunnya diambil serat untuk bahan tekstil, dll.
Santalum cendana, jenis tumbuhan pohon, termasuk keluarga rutaceae; species: S. album, kayu berbau harum. Di ambil minyaknya untuk parfum dan farmasi. Batang kayunya dapat digunakan sebagai perabot, kerajinan tangan.
Saprofit tumbuhan yang memakan tumbuhan lain yang sudah mati atau bagiannya bakteri dan jamur.
Sargassum satu genus ganggang yang hidup terapung di laut, membentuk pada yang luas.
Sarsaparilla jenis tumbuhan perdu; aralia nudicaulis, bijinya diekstrak untuk mendapatkan campuran minuman ringan. Dalam sebuah buku nama speciesnya: smilax officinaiis, banyak ditanam di Amerika Tengah dan Selatan.
Sauropus katuk, tanaman sayur, kerabat singkong; species: S. androgynus (euphorbbiaceaea).
Sawi jenis tumbuahan semak basah, brassica junca (cruciferaceae), dibuat sayur.
Swait, kelapa tergolong keluarga kelapa (palmae); species: elaeis guinensis, diambil minyak dari buahnya yang bertandan-tandan, ampas buahnya digunakan untuk makanan ternak. Ditanam diperkebunan besar diseluruh dunia, terutama di Malaysia dan Indonesia.
Sawo jenis tumbuhan pohon; achias zapota, buah tropis. Buah berwarna coklat dan manis.
Schima puspa, jenis tumbuhan pohon; species; S. noronhae.
Scitaminae salah satu ordo dari subkelas monokotil. Berbatang semu, terdiri dari gabungan susunan pelepah. Tumbuh di tempat yang bertanah lembab atau berai. Bunga berkelopak besar, sering berwarna dan gugur jika masak. Yang tergolong: pisang, jahe dan bunga tasbih.
Sclerospora jenis jamur perusak; species: S. maydis, merusak daun tanaman jagung sehingga jadi layu.
Sclerotinia jamur parasit pada berbagai jenis tanaman yang berbatang lunak,spt: selada, tembakau, bunga matahari, dll. Bisa menyebar luas pada suatu kebun dan menyebabkan kerugian besar.
Sebasah jenis tumbuhan pohon yang tidak begitu tinggi, kayunya kadang-kadang dipakai untuk bahan bangunan, kulit kayunya dapat digunakan sebagai bahan pewarna bati; aporesa frutescens.
Sedap malam jenis tumbuhan semak; polyanthus tuberose (amaryllidaceae), berdaun kecil panjang membentuk pelepah pendek bersusun dari bawah ke atas. Bunga pada puncak tangkai, dalam rangkaian, tiap bunga berbentuk tabung dipangkal, putih dan harum.
Selada jenis sayur, lactuca sativa.
Seledri jenis tumbuhan semak; apium graveolens (solanaceae) sebagai bumbu dapur/penyedap.
Selenothrips thrips (thysanoptera) yang menghisap cairan daun berbagai jenis tanaman.
Seiulosa zat kayu; suatu senyawa polisakarida, dibina atas unsure C, H, dan O. Membina dinding sel tumbuhan.
Semanggi marsilia crenata; tumbuhan paku air, terapung di permukaan air. Daun empat belahan dengan tangkai yang panjang.
Sembung jenis tumbuhan semak basah, blumea halsamifera. Batang keras, buah dalam tandan, dalamnya biji berselaput lender tebal seperti buah berry. Hidup di pegunungan. Bunganya biasa disebut combrang banyak dipakai untuk sayur.
Semi berkembang, merekah.
Semprit jenis tumbuhan semak rendah, belamcanda chinensis, berdaun panjang runcing, tulang daun berjajar menurut poros. Bunga dalam rangkaian panjang, tiap bunga berdaun, bunga enam dan terletak renggang, berwarna merah dengan bercak putih di tengah.
Sengkuang jenis tumbuhan semak; pachyrrhizus erosus, digunakan sebagai pupuk hijau.
Sepal kelopak bunga kumpulan sepal pad satu bunga; calyx. Berkloroplast, tapi tidak berwarna-warni. Waktu bunga kuncup, menutupi mahkota, jika kembang menjadi terletak di dasar bunga, dan melayu.
Septum sekat pada jamur dinding sel berdekatan-berurutan. Ada jamur yang sekatnya hilang, ada tetap hadir tapi berpori halus untuk transport zat antar sel berdekatan.
Sequencing membuat urutan basa DNA suatu gen. biasanya dengan bantuan alat, yang disebut DNA sequecer.
Sequoia jenis pohon tertua dan terbesar di dunia, disebut kayu merah specie: S. gigantean. Amerika Utara.
Serigading jenis tumbuhan bunga, nyctanthesbarbor tristis.
Sesamun wijen tumbuhan semak, diambil bijinya, diperas untuk mendapatkan minyak goring. Pangkal daun bunga membentuk tabung berbentuk lidah panjang, berwarna ungu muda, species: S. indicum.
Sesawi sawi
Sesbania turi jenis tumbuhan pohon berumur pendek, termasuk tumbuhan berbunga kupu. Daun berderet berseberangan pada tangkai yang panjang, kecil-kecil. Buah polong. Species; S. grandiflora.
Shorea meranti jenis tumbuhan pohon, species: s. pinanga, kayunya digunakan sebagai bahan banguanan.
Simpetal sifat mahkota yang tidak terbagi-bagi atas daun mahkota, tetapi berfungsi menjadi satu satuan; gametopetal.
Simpur jenis tumbuhan pohon, diienia entadyne, kayunya dapat digunakan sebagai bahan bangunan.
Sindu jenis tumbuhan pohon, sindora lelocarpa, kanyunya digunakan sebagai bahan bangunan.
Singkawang tengkawan jenis tumbuhan pohon.
Singkong ketela pohon, ubi kayu, manihot utilissima (euphorbiaceae).
Sintrong jambrong jenis tumbuahan semak, erechtites hieracifolia, daun bergerigi jarang, batang bersegi dan bunga dalam rangkaian berwrna kuning muda, buahnya keras dan berusuk-rusuk berwarna coklat berambut banyak.
Sirasak zuurusak jenis tumbuhan perdu, anona muricata (anonaceae), kulitnay berwarna hijau kasar, dan di dalmnya terdapat daging yang melapisi biji kecil banyak, berserat, rasa manis dan asam. Terdapat kandungan vitamin C. Biayasanya buahnya matang dijadikan minuman segar atau juga dapat makan langsung.
Soga jenis tanaman bunga, peltophorum ferrugineum (leguminosae), berdaun kecil-kecil, membentuk rangakain, pad satu tangkai bersusun berpasangan seperi daun petai. Bunga kelopak berwarna coklat, daun bunga berwarna kuning muda.
Soka tumbuhan perdu, ixora paludosa,bunga berwarna merah dan daun.
Solanaceae keluarga terung, jenis tumbuhan semak atau perdu, buah buni atau kotak, seperti terung, kecubung, caplukan, tembakau, dll.
Solanum genus terung-terungan, kentang, tomat, terung panjang biru, leunca dan ranti.
Solenospermum perupuk jenis tumbuhan pohon, species: S. javanicum, kanyunya digunakan sebagai bahan bangunan.
Sonokeling angsana tumbuhan pohon, dalbergia latifolia (leguminosae), kanyunya digunakan sebagai bahn bangunan.
Sono kembang angsana jenis tumbuhan pohon, pterocarus inicus (leguminosae), kanyunya digunakan sebagai bahan bangunan.
Sontang jenis tumbuhan pohon, chukrasia tabuaris (meliacaea), kanyunya digunakan sebagai bahan bangunan.

DAFTAR PUSTAKA
Hidayati Nur,2010.Kamus Lengkap Biologi.Dwimedia Press:Jakarta

Disusun oleh :
Alib Suryaningsih (105 )
3C – BIO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar